Friday, August 8, 2008

Menulis? Siapa Takut??

Posted by Me and Me at 8:26 PM
Berawal dari satu kata!

Semua tulisan berasal dari satu kata!

Percaya deh, kalian hanya butuh satu kata untuk memulai sebuah tulisan.
Satu kata ini disebut. IDE.

Ide bisa berupa apa yang sedang kamu pikirkan, kamu rasakan atau apa yang kamu inginkan. Kamu bisa menulis apa saja yang kamu inginkan. Jadi, apa yang ada dipikiranmu sekarang, Tuliskan Segera!

5W+1HNah, ini adalah rumus yang kalian harus kalian ingat jika ingin menulis.

5W itu
What atau apa,
Who atau siapa,
where atau di mana,
when atau kapan, dan
why atau mengapa.

Sementara1H itu adalah
How atau bagaimana. Kemudian, ajukanlah pertanyaan dengan pola 5W+1H ini ide yang kalian miliki. Misalnya ide kalian: Sepeda. Praktekan dengan 5W+1HTadi. Kamu akan mendapatkan: apa warnanya, siapa pemiliknya, diman sepeda itu dibeli, kapan dibelinya,dll. Boleh di kembangkan. Nah, semua keterangan ini dapat kalian susun menjadi satu tulisan yang utuh.

Rajin Membaca.
Kesulitan menemukan kata yang tepat? Kesulitan memulai atau mengakhiri sebuah tulisan?Banyak-banyaklah membaca. Membaca akan membantu kalian menemukan ide dan memperkaya kosa kata.

Dengarkan Pembaca.
Tulisan merupakan salah satu alat komunikasi dan tujuan komunikasi adalah penyampaian informasi. Jadi, mintalah orang lain untuk membaca tulisan kalian. Tak usah malu! Lalu, tanyakan pada mereka apa kesimpulan yang didapat setelah membaca tulisan kalian. Jika kesimpulan mereka sesuai dengan oesan yang igin kalian sampaikan, berarti tulisan kalian bagus.

Publikasikan.
Akan jauh lebih baik jika tulisan kalian itu dipublikasikan. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang membaca dan memberi pendapat ataumasukan. Kalian dapt mengirim tulisan kalian ke mading, sekolah, majalah-majalah, atau mengikuti lomba Menulis.

Bersenang-senanglah
Menulis itu merupakan kegiatan yang menyenangkan. Jadi, jangan lupa untuk menikmati setiap kata yang kita tulis. Jika dilakukan dengan penuh ketegangan dan tekanan, tulisan yang dihasilkan tidak akan baik.Latihan Membuat sempurna.Pada usaha pertama, mungkin tulisan kalian masih belum baik. Namun, jangan kecewa. Lakukan terus. Kalau perlu, tulislah buku harian untuk melatih kemampuan menulis kalian. Semakin sering berlatih, semakin baik tulisan kalian.

Sumber:Majalah Iptek Anak, Orbit.
courtessy of Anna Suharno - http://www.rumahanna.blogspot.com/

0 comments:

 

Koran Udjo (Childrens' Reference) Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting